Review software ArcView beserta kekurangan dan kelebihan dari software's GIS


TUGAS II  RESUME SOFTWARE
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS




Dosen Pengampu
Bapak Mohamad Ali Murtadho, S.Kom., M.Kom




Penyusun
Zunah Awfiyah (4117064)







PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM JOMBANG
OKTOBER, 2019



REVIEW APLIKASI GIS ARCVIEW

 ArcView GIS salah satu perangkat lunak desktop Sistem Informasi Geografis dan pemetaan yang dikembangkan oleh ESRI (Environment System Research Institute, Inc). Kebutuhan perangkat keras yang di butuhkan untuk menginstal software yang paling utama adalah computer atau laptop, sedang perangkat lunak yang dibutuhkan adalah System operasi windows dan CD master program ArcView.


Setelah selesai menginstal software ArcView maka akan muncul icon software dari ArcView seperti diatas.



Setelah klik dua kali pada icon ArcView akan muncul tampilan awal pada Software ArcView, yang dimana ada tiga pilihan

1.       1. With a new view ( membuka ArcView dengan langsung membuka view baru)
2. As a blank project ( membuka ArcView dengan projek kosong )
3. Open an exaiting project (membuka ArcView dengan langsung mencari project-project yang telah user buat dan simpan sebelumnya)


Gambar di atas adalah tampilan setelah memilih pilihan pertama yaitu with a new view maka muncul konfirmasi  would you like to add data to the view now ?  klik yes untuk memasukkan data *.shp kedalam view. Cari dimana lokasi tempat  data *.shp tersebut di simpan




Kemudian pilih data yang ingin ditampilkan tekan tombol sift pada keyboard untuk menampilakan data lebih dari satu.
Jika semua data yang ingin di tampilkan sudah di pilih maka klik tobol OK untuk menampilkan pada view baru pada view windows.


 tampilan view sebelah kanan


Untuk menampilakan peta seperti diatas maka klik kotak yang ada di bagian kiri them.
APLIKASI-APLIKASI GIS OPENSOURCE DAN NON-OPENSOURCE

1. NON-OPENSOURCE
a)     MAPINFO
Mapinfo merupakan programaplikasi yan g digunakan untuk tujuan pemetaan. mapinfo  memberikan kemampuan variasi tampilan peta, peningkatan kualitas gambar danproses edit   pada setiap layer. Adanya fasilitas register memberikan tampilan peta secara lebih informatif,  seperti menentukan jarak (jalan, sungai) ataupun luas dan skala suatu wilayah. penggunaan    dalam bidang hidrologiisotop dan kimia telah memberikan manfaat yang sangat berarti karena dapat menggambarkan variasi tampilan peta yang menarik yang berhubungan dengan penelitian isotop dan kimia sehingga memudahkan dalam melakukan interpretasi.diantara peta-peta, mapinfo memberikan pembatasan, raster imagedan kemampuan mengedit. Beberapa peta telah diimprovisasi seperti pemetaan tematik baru, layer controldan styles.
Penggunaan mapinfo dalam bidang hidrologi terutama ditujukan untuk memetakan pola aliran air tanah, baikair tanah dangkal maupun air tanah dalam, memetakan asal-usul air tanah,memetakan kontur umur air tanah.beberapa jenis isotop yang biasa dipetakan adalah 2h, 3h, 18o dan 14c.keempat jenis isotop tersebut merupakan isotop alam yang digunakan untuk penelitian air tanah. variasi nilaiisotop yang dipetakan tersebut akan memberikan gambaran yang lebih informatif sehingga membantu dalam memudahkan interpretasi data. polakontur pada mulanya dibuat menggunakan program aplikasi surfer sebagai referensi pola yang akan di digitisasi pada mapinfo. Melalui fasilitas register dapat diketahui atau ditentukan lokasi sampling secara pasti berdasarkan koordinatnya.
b)     ARCVIEW
arcview merupakan salah satu perangkat lunak gis yang populer dan paling banyak di gunakan untuk mengelola data spasial arcview dibuat oleh esri (environmental systems research    institute). denganarcview kita dengan mudah dapat mengeloladata, menganalisa dan membuat   peta serta laporan yang berkaitan dengan data spasial bereferensi geografis.ArcView juga dapat memanggil data dengan format BSQ,BIL,BIP,JPEG,TIFF,BMP,GeoTIFF atau data gird yang berasal dari ARC/INFO serta banyak lagi data-data lainnya.
Salah satu kelebihan dari ArcView adalah kemampuannys berhubungan dan bekerja dengan  bantuan extensions. Extensions dalam perangkat lunak ArcView merupakan suatu perangkat lunak yang berisfat “plug-in” dan dapat diaktifkan ketika penggunanya memerlukan kemampuan fungsionalitas tambahan (prahasta).
Kelemahan ArcView :
1.      ArcView 3X adalah produk lawas yang tanggal kadluarsanya tunggal menunngu waktu.
2.      ArcView lebih mudah crash
3.      ArcView tidak compatible dengan VISTA
4.      ArcView tidak mendukung banyak tipe file, baik tipe file spasial ataupun file atribut
5.      ArcView memiliki tingkat kustomisasi yang rendah. 

2 2. OPENSOURCE
a)      Grass
Grass adalah sistem informasi geografis yang dipergunakan untuk manajemen data, prosesing image, memproduksi grafik, model spasial dan juga untuk visualisasi bermacam-macam tipe data. aplikasi ini dibawah lisensi gnu/gpl.

Aplikasi ini pada awalnya dikembangkan oleh u.s. army construction engineering research laboratories (usa-cerl, 1982-1995), dimana usa-cerl adalah cabang dari us army corp of engineers. pertama kali dikembangkan, aplikasi ini digunakan untuk perencanaan tata guna lahan dan juga perencanaan lingkungan oleh militer. selanjutnya grass berkembang menjadi sebuah aplikasi yang powerful dan digunakan untuk berbagai kepentingan riset ilmu pengetahuan. grass saat ini dipergunakan oleh kalangan akademik dan juga para pebisnis diseluruh dunia. beberapa diantaranya yang menggunakan grass adalah nasa, noaa, usda, the national park service, the u.s. census bureau, usgs, dan juga beberapa perusahaan konsultan lingkungan ataupun engineer.

Grass memungkinkan penggunanya untuk menganalisis, menyimpan, mengupdate, membuat pemodelan dan menampilkan data secara cepat dan mudah. meskipun pada awalnya aplikasi ini dipergunakan untuk perencanaan tata guna lahan namun tidak menutup kemungkinan aplikasi ini dipergunakan untuk kepentingan engineering lainnya seperti hidrologi, geologi, fisika, statistik, sensor remote atapun yang lainnya.

b)  Mapwindow

Aplikasi mapwindow gis adalah aplikasi yang free, sehingga bebas digunakan tanpa harus membayar biaya license 1 rupiah pun. aplikasi ini juga merupakan aplikasi geographic information system (gis) yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan
•sebuah alternatif untuk aplikasi desktop gis
•untuk distribusi data
•untuk mengembangkan sebagai alat analisis data spasial spatial tertentu

Aplikasi ini bebas di download dan bebas untuk didistribusikan serta dapat diperoleh di map window website www.mapwindow.org. catatan untuk windows xp : sebelum melakukan instalasi mapwindow gis terlebih dahulu install dotnet frame work.

Aplikasi mapwindow adalah tampilan data spasial yang adapat langsung digunakan dan dapat dimodifikasi menjadi aplikasi yang baru dengan tambahan menu-menu yang baru. aplikasi baru dapat dihasilkan dengan mengubah file konfigurasi dan file proyek mapwindow. kedua file ini dapat mengubah tampilan dari aplikasi mapwindow. file-file ini mengunakan format xml yang dapat diubah langsung melalui notepad atau xml editor.

kegunaan mapwindow :
1. sebagai salah satu alternatif pengolah data sistem informasi geografis (sig) yang ada.
2. untuk mendistribusikan data-data geografis.
3. untuk mengembangkan dan mendistribusikan hasil dari analisa data spasial.

kelebihan mapwindow :
- mapwindow bukan hanya digunakan untuk menampilkan data sig, tetapi juga sebagai sistem informasi geografis yang dapat dikembangkan.
- mapwindow memiliki visualisasi data sig yang standar seperti mengubah tabel dbf, mengubah bentuk file, dan mengirim serta mengubah grid.
- mapwindow dapat didistribusikan secara gratis.
- mapwindow mudah digunakan bila dibanding dengan apliksi sig lainnya.

kekurangan mapwindow :
- mapwindow tidak kompatibel pada semua sistem operasi, pada sistem operasi tertentu, mapwindow tidak dapat dijalankan.


DATAR PUSTAKA
·        Beberapa software dalam SIG beserta kelebihan dan kekurangganya, Bumi Zone,2012, 19 oktober 2019, http://bumizone.blogspot.com/p/blog-page.html
·         ArcView GIS, GEOinSIGht, 15 Januari 2010, 19 Oktober 2019,  http://geoinsight.wordpress.com/2010/01/15/arcview-gis





Komentar

Postingan Populer