Tugas UAS, penerapan XML, JSON, API

Zunah Awfiyah _4117064

ENTERPRAISE APPLICATION INTEGRATION (EAI)

EAI merupakan proses dari progam aplikasi computer pada sebuah perusahaan untuk meningkatkan fungsionalitas dan kinerja. Dengan penggunaan EAI integrase dapat dilakukan ditingkat data/informasi, presenasi/akses dan fungsional/proses bisnis. Salah satu tantangan besar EAI adalah adanya perbedaan kondisi lingkungan dari sistem yang perlu dihubungkan bersama. Perbedaan  tersebut  mencakup:  1)  sistem  operasi,  2)  solusi  database,  3)  bahasa  pemrograman  yang  digunakan [1].

Model integrase dalam EAI ada 3 diantaranya yaitu [1]:

1)Presentation  Integration. 

Sistem  EAI  bisa  menjadi front-enddari  sekelompok  aplikasi,  menyediakan antarmuka  akses  tunggal  yang  konsisten  ke  aplikasi  lain dan  melindungi  pengguna  dari  harus  belajar  untuk berinteraksi dengan paket perangkat lunak yang berbeda-beda.

2)Function  integration. 

Integrasi  dapat  dilakukan  pada  tingkat  bisnis  proses  yang  terimplementasi  dalam kode  program.  Integrasi dapat  menggunakan  model antarmuka (Aplication Programming Interfaceatau  API)  maupun antarmuka khusus berupa middlewaresebagai mediator.

3)Data   (information) 

Tujuan utama dalam melakukan integrasi aplikasi atau yang dikenal dengan EAI (Enterprise Application Integration) adalah untuk menghubungkan applikasi yang berbeda. Beberapa teknologi yang termasuk dalam EAI seberti Business-to-Business integration, hub and spoke message broker, enterprise service bus, legacy integration, portals and mobile integration, dan lain-lain.[2]

EXTENSIBLE  MARKUP  LANGUAGE (XML)

XML  (eXtensible  Markup  Language) merupakan dasar   terbentuknya web   service   yang   digunakan   untuk mendeskripsikan data. Pada level paling detail web service secara keseluruhan dibentuk.[3]

XML  dibangun  dengan kemampuan  melakukan  transfer  data  antar  platformdan memiliki  kemampuan  untuk  integrasi  data disampingpertukaran  data  antar  platform[4].

Contoh penggunaan XML

1.       Pengguaan XML Untuk Membangun Sistem Informasi Nilai Online Berbasis Extension

2.       Penggunaan format  XML  yang  telah  menjadi  salah  satu  standar  pertukaran  data.

WEBSERVICE

Web service adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu. Web service dapat diartikan juga sebuah metode pertukaran data, tanpa memperhatikan dimana sebuah database ditanamkan, dibuat dalam bahasa apa sebuah aplikasi yang mengkonsumsi data, dan di platform apa sebuah data itu dikonsumsi [5].

 

JavaScript Object Notation (JSON)

JSON (JavaScript Object Notation) adalah format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate) oleh komputer. Format ini dibuat berdasarkan bagian dari Bahasa Pemprograman JavaScript, Standar ECMA-262 Edisi ke-3 - Desember 1999. JSON merupakan format teks yang tidak bergantung pada bahasa pemprograman apapun karena menggunakan gaya bahasa yang umum digunakan oleh programmer keluarga C termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python dll. Oleh karena sifat-sifat tersebut, menjadikan JSON ideal sebagai bahasa pertukaran-data [6].

Contoh penggunaan JSON [7]:

1.       JSON sebagai format untuk bertukar data client dan server atau antar aplikasi. Contoh: RESTful API;

2.       JSON sebagai tempat menyimpan data, contoh: Database Mongodb;

3.       JSON digunakan untuk menyimpan konfigurasi project, contoh: file composer.json pada project PHP dan package.json pada Nodejs;

4.       JSON digunakan untuk menyimpan konfigurasi dan penyimpanan data pada Hugo;

5.       JSON digunakan untuk menyimpan konfigurasi project pada Nodejs;

6.       JSON digunakan untuk menyimpan data menifest;

       Contoh Source code JSON

       

1. buat data json terlebih dahulu

2. menampilkan data json

Application Programming Interface (API)

Tujuan dari API adalah untuk mempercepat pembuatan suatu aplikasi karena programmer tidak perlu menulis kode dari nol. API juga disediakan oleh sebuah platform untuk dapat mengakses fitur dari platform tersebut. Contoh dari API yang lintas platform adalah API Twitter dan Facebook, yang memungkinkan kita untuk dapat mengakses data pengguna platform tersebut pada aplikasi kita. Contoh lain seperti API Bot Telegram dan LINE yang memungkinkan aplikasi kita untuk dapat mengirim dan membaca chat dari pengguna platform tersebut secara otomatis [10].

contoh  Source Code penerapan API

1. buat data.json


2. menampilkan data.json

Daftar pustaka:

[1] http://eprints.dinus.ac.id/84/1/INFRM_29031_PENERAPAN_ENTERPRISE_APPLICATION_INTEGRATION.pdf

[2] https://fadhilnetwork.wordpress.com/2017/04/25/enterprise-application-integration-definisi-metode-dan-arsitektur/

[3] https://media.neliti.com/media/publications/79840-ID-penerapan-xml-web-service-pada-sistem-di.pdf

[4] http://stmikpontianak.online/jurnal/file/GAT_-_KNS&I_2017.pdf

[5] https://aninditasaktiaji.com/pengenalan-web-service/

[6] https://www.json.org/json-id.html

[7] https://www.petanikode.com/json-pemula/

[8] https://www.codepolitan.com/forum/thread/detail/2/apa-itu-api

Komentar

Postingan Populer